Bahan Jaket yang Umum Digunakan Part 1

Halo sahabat General Konveksi Semarang, semoga sehat selalu. Kalian ada rencana mau bikin jaket buat komunitas atau organisasi kalian? Sebelum bikin ada baiknya kamu kenal dengan jenis-jenis bahan yang sering digunakan. Pemilihan bahan jaket ini berkaitan dengan dimana jaket ini lebih sering digunakan. Apakah dominan di luar ruangan dengan medan yang berat, atau untuk aktifitas ringan yang butuh kenyamanan. Berikut ini macam atau jenis bahan untuk jaket yang umum digunakan di pasaran.

BAHAN JAKET TASLAN

bahan jaket
Kain Taslan

Bahan taslan adalah bahan kain yang sangat popular dan bahan yang terkenal cukup eksklusif untuk dijadikan jaket karena sifatnya anti air/waterproof (walaupun tidak semua jenis bahan taslan bersifat anti air). Jenis kain taslan ini ada beberapa macam yaitu taslan salur, taslan korea, dan taslan lokal. Sepintas bahan taslan mirip dengan bahan parasut, tapi jenis bahannya lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibandingkan dengan bahan parasut. Bahan taslan ini biasanya digunakan untuk jaket motor, varsity, rompi, parka atau keperluan outdoor lainnya. Jenis kain ini selain anti air, bahan taslan juga tidak mudah ditembus angin.

BAHAN FLEECE

Jenis bahan fleece umumnya terbuat dari campuran cotton dan wool. Bahan kain ini memiliki bulu halus, tekstur yang lembut dan bersifat menyerap air (hidrofobik). Sifat bahan ini adalah empuk, halus dan hangat. Jika dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehingga penggunanya akan merasa hangat. Karena itulah pakaian yang memakai bahan fleece sebaiknya tidak dipakai saat cuaca panas terik. Cocok bagi mereka yang berada diwilayah cukup dingin. Bahan fleece bisa digunakan untuk membuat hoodie, varsity, dan sweater.

Kain fleece ini tersedia dalam beberapa jenis, setiap jenis bahan fleece mempunyai komponen bahan dan karakteristik berbeda juga.

  1. Cotton fleece

Jenis fleece ini memiliki warna yang lebih cerah dan lebih ringan dibandingkan jenis bahan fleece lain. Bahan ini memiliki konsentrasi katun lebih banyak dibandingkan polyesternya.

  1. Polar fleece

Terbuat dari campuran polyester, katun, viscose dan serat sintetik lainnya.

  1. Polyester fleece

Mengandung polyester yang cukup banyak sehingga memiliki tekstur lebih kaku dan tampilan lebih mengkilap dibandingkan dengan cotton fleece.

  1. CVC fleece

Terdiri dari 55% cotton combed dan 45% viscose. Tingkat susut polanya lebih kecil dari bahan katun biasa dan menyerap keringat.

BAHAN DIADORA

Kain diadora adalah bahan yang sering digunakan untuk jaket yang bernuasa sport. Bahan ini agak terlihat mengkilat dan agak lebih tebal dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk jaket sport. Bahan ini disebut diadora karena bahan ini meniru dari merek terkenal diadora (perusahaan sport internasional), sehingga disebut oleh orang Indonesia kain diadora. Kain diadora ini biasaya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

Baca Kelanjutannya: Bahan Jaket yang Umum Digunakan Part 2

Baca juga: Sejarah Celana Jeans  <– klik

Bagikan & Diskusikan dengan teman :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

temui kami juga di :