Perbedaan Combed 30s, 24s, dan 20s

Ketika kita akan membeli kaos seringkali menjumpai tulisan combed 30s, 24s atau 20s di tag atau di deskripsi yang dituliskan penjual. Sama halnya ketika kita ingin membuat kaos di konveksi biasanya kita diberi pilihan menggunakan bahan dengan combed 30s atau 20s. Sebetulnya apa sih maksud dari angka-angka tersebut dan huruf s setelahnya. Kami dari General Konveksi Semarang membuat artikel ini untuk membantu teman-teman sekalian untuk lebih memahami tentang istilah 30s, 24s atau 20s yang sering digunakan di industri kaos itu. Sebelumnya untuk memahami kain combed silahkan baca artikel kami sebelumnya perbedaan cotton combed dan carded.

 

Apa arti angka dan dan huruf s?

Angka 20s, 24s, dan 30s menunnjukk ketebalan kain cotton combed. Angka-angka dan huruf tersebut menunjukkan jenis benang yang digunakan dan ukuran beratnya. Varian cotton combed yang banyak beredar di Indonesia adalah 20s, 24s, dan 30s, ada juga 40s namun jarang. Semakin besar angkanya, semakin tipis dan lemas kain yang dihasilkan. Jadi cotton combed 20s adalah yang paling tebal, sementara 30s paling tipis dan lunak. Kain Combed 20s mempunyai gramasi 190-200gsm, sedangkan Combed 24s mempunyai gramasi 175-185gsm dan Combed 30s mempunyai gramasi 140-150gsm

 

Mana yang Lebih Bagus?

Mindset orang jaman dulu adalah lebih tebal kain maka lebih baik. Padahal ketika kita menilai kain, kita juga harus melihat bagaimana komposisi dan kelembutan kain serta konsistensi warna kain tersebut. Namun, karena bahasan kita sedang berfokus pada ketebalan kain, maka kita perlu memperhatikan kondisi iklim dan cuaca dimana kita tinggal. Pertanyaan sesungguhnya adalah mana yang lebih nyaman untuk digunakan?

Indonesia merupakan negara yang mempunyai iklim tropis dan suhu udaranya normal tanpa pergantian suhu yang terlalu ekstrim. Meskipun tidak ekstrim, namun indonesia cenderung memiliki cuaca yang cenderung panas dan menyebabkan gerah. Dengan cuaca yang seperti ini banyak orang menyukai baju atau kaos yang tidak terlalu tebal agar lebih nyaman dan fleksibel saat dipakai. Bahkan sekarang penggunaan kaos dengan bahan yang lebih tipis mulai menjamur yang dikatakan lebih adem dan lebih menyerap keringat.

 

Perbedaan Harga

Soal harga, mana yang lebih mahal diantara combed ketiga jenis kain tersebut. Kalau kita melihat atau membandingkan harga per kilo dengan setting lebar yang sama, maka sebetulnya harga diantara ketiganya tidak jauh beda. Mungkin sedikit lebih mahal combed 30s, namun perbedaanya tidak signifikan. Perbedaan yang sangat terasa adalah ketika kain sudah dibentuk menjadi kaos. Kain combed 20s dengan berat yang lebih tinggi membuat panjang kain per kilo lebih pendek apabila dibandingkan dengan combed 30s. Dampaknya adalah jumlah kaos yang didapat lebih sedikit daripada kain yang lebih tipis.

 

Ketersediaan Stok

Dari pengalaman kami pribadi yang sudah beberapa kali mengunjungi toko kain. Stok yang paling mudah kami temui dan paling stabil ketersediaannya di pasaran adalah combed 30s. Hal ini tentu terkait dengan iklim dan cuaca yang kita bahas sebelumnya dan preferensi masyarakat Indonesia. Hanya ada beberapa toko kain yang masih menjual combed 20s, itupun dengan warna yang tidak lengkap. Hal itu tentu menjadi pertimbangan kita dalam menentukan kain yang kita gunakan. Karena tentu akan sulit ketika stok yang ada di toko tidak bisa kita pastikan ketersediannya.

Demikian artikel yang kami buat tentang kain combed 30s, 24s dan 20s, semoga membuat anda tidak salah pilih ketika membuat kaos. Terima kasih sudah membaca : )

Baca juga: Alamat Toko Kain Semarang <— Klik

combed 30s