Jas Almamater dan Warna Filosofis Dibaliknya

Di Indonesia, ada ribuan universitas atau perguruan tinggi yang terdiri dari universitas swasta maupun negeri. Dari ribuan perguruan tinggi itu masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri, mulai dari logo, bentuk bangunan, sampai warna jas almamater yang mereka gunakan. Nah pada artikel ini, kami General Konveksi Semarang akan membahas sedikit tentang warna-warna yang digunakan oleh universitas sebagai warna jas almamaternya. Tentu warna tersebut dipilih tidak sembarangan. Ada pesan yang ingin disampaikan, atau ada karakter yang ingin dicitrakan melalui warna tersebut.

Jas almamater biasanya dipergunakan ketika acara-acara resmi kampus dan acara di luar kampus. Contohnya untuk acara seminar, kunjungan ke instansi-instansi tertentu, sampai ketika melakukan demonstrasi. Dengan menggunakan jas almamater ini, mahasiswa bisa menunjukkan identitas kampusnya. Selain itu, juga agar mahasiswa selalu ingat untuk menjaga nama baik kampus yang sedang mereka wakilkan.

Berikut ini kami merangkum 6 warna ikonik yang digunakan beberapa kampus di Indonesia untuk jas almamaternya:

Warna Kuning

Filosofi warna kuning adalah warna dari matahari terbit. Warna ini sering dihubungkan dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energi. Warna kuning menghasilkan efek hangat, membangkitkan kegembiraan, merangsang aktivitas mental, dan membantu penalaran secara logis dan analistis.

Penyuka warna kuning dianggap lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis. Jaket kuning identik dengan Universitas Indonesia (UI). Selain UI, beberapa kampus seperti Universitas Sriwijaya, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Terbuka (UT), juga menggunakan warna kuning sebagai jaket kampus mereka.

Warna Biru Tua

Warna favorit lain untuk jaket kampus adalah biru. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih, Warna biru tua dirasa bisa bermanfaat untuk pikiran dan tubuh manusia.

Jas almamater berwarna biru tua cukup banyak digunakan beberapa kampus di Indonesia.Ada Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga, ITB, IPB, Universitas Padjajaran dan masih banyak lagi.

Warna Biru Muda

Biru adalah warna spesial yang melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran, dan surga. Warna biru muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi,

Filosifi warna biru muda dikaitan dengan tipe kepribadian orang yang melankolis. Biru dengan cahaya yang dikurangi dapat memberikan nuansa ketenangan. Warna ini dipilih Universitas Riau dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai warna utama jaket kampus mereka.

Warna Hijau

Warna hijau cukup banyak menjadi warna jas almamater. Hijau adalah warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, dan kesuburan. Hijau secara emosional dapat berarti keamanan.

Dalam ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan harapan. Beberapa kampus memilih jaket berwarna hijau, seperti Universitas Andalas, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan beberapa perguruan tinggi Islam, seperti Universitas Islam Negeri (UIN) dan Universitas Muhammadiyah.

Warna Merah

Warna merah beraura kuat, memberi arti gairah dan memberi energi untuk menyerukan terlaksananya suatu tindakan. Dalam psikologi warna merah memberi arti sebuah simbol keberanian, kekuatan dan energi, juga gairah untuk melakukan tindakan (action), serta melambangkan kegembiraan. Universitas Hasanudin (Unhas) memilih merah sebagai warna utama jaket kampus mereka.

Warna Abu-abu

Warna abu-abu adalah warna yang menanpakkan keseriusan rasa tanggungjawab dan sifat kemandirian. Namun warna ini juga memiliki permaknaan abstrak, atau tidak jelas dan warna ini memiliki sifat stabil.

Salah satu kampus yang memilih jaket berwarna abu-abu adalah Univeritas Gajah Mada (UGM). Meski begitu ada juga yang menyebutkan warna jaket almamater UGM adalah warna karung goni dan warna perjuangan. Alasannya, karena terinspirasi dari warna seragam tentara Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan.

Oke, demikian artikel tentang jas almamater universitas di Indonesia dan warna filosofis di baliknya semoga bermanfaat dan menginspirasi anda untuk menentukan warna apa yang akan anda gunakan untuk berpakaian. Terimakasih sudah berkunjung

Baca juga: Jenis-jenis Kain Dril <— Klik

jas almamater
Jas Almamater (Source: picbear.org)

Source: liputan6.com/lifestyle/read/4070816/6-warna-jaket-kampus-yang-ikonik.

Bagikan & Diskusikan dengan teman :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

temui kami juga di :