Jenis-jenis Kain Drill

Setelah beberapa artikel sebelumnya kita membahas kain cotton (katun), kali ini kami General Konveksi Semarang akan membahas tentang kain drill. Kain drill ini biasa kita temui penggunaannya untuk pembuatan seragam kantor, seragam lapangan (PDH/ PDL), celana, tas dan masih banyak lagi lainnya. Kain drill adalah kain yang memiliki tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang kuat. Bahan dasar dari kain ini adalah campuran antara katun dan polyester.

Dulunya, kain ini sangat populer digunakan untuk pembuatan seragam tentara. Hal ini karena dulu kain drill  kebanyakan warna kainnya cenderung berwarna khaki. Khaki sendiri berasal dari bahasa Hindi yaitu “khak”, yang artinya warna debu, kita ketahui bahwa warna debu cenderung cokelat. Nah, karena warnanya yang mirip dengan tanah/ lingkungan inilah yang membuat kain ini dulunya sering kali digunakan untuk pembuatan pakaian seragam tentara. Tujuannya tentu saja untuk kemudahan kamuflase. Karena saat itu dirasa sangat cocok untuk menyamarkan keberadaan tentara saat perang, kain ini pun menjadi sangat populer untuk dijadikan bahan dasar pakaian militer. Seiring berjalannya waktu, drill kemudian berkembang penggunaannya untuk digunakan di pakaian kasual.

Karakteristik Kain Drill

Pada penjelasan diawal disebutkan bahwa kain drill memiliki tekstur pintalan diagonal. Selain itu masih ada beberapa ciri atau karakteristik seperti berikut ini:

  1. Cenderung berwarna khaki atau warna debu.
  2. Memiliki tingkat ketebalan serat yang berbeda (tipis, medium, dan besar).
  3. Memiliki tekstur pintalan diagonal atau garis miring.
  4. Permukaan kain antara bagian depan dan belakangnya berbeda.
  5. Tekstur permukaan kainnya cukup lembut.
  6. Tenunan kainnya kuat dan kokoh.
  7. Kainnya tidak mudah kusut.

Meskipun kain drill ini cenderung tebal, namun tidak memberikan efek terlalu panas atau gerah ketika dipakai.

Jenis Bahan Drill

Ada beberapa jenis kain drill yang bisa kita temukan dengan mudah di pasaran. Setiap jenis kain tersebut memiliki macam-macam karakteristik bahan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut beberapa jenis kain drill:

  1. Twist Drill atau Twill Drill

Jenis kain drill yang pertama yaitu twist drill atau lebih dikenal secara umum dengan nama twill drill. Jenis ini memiliki sifat water repellent atau tahan air, dan juga memiliki serat yang tergolong cukup kecil. Dalam penerapannya, kain ini biasanya digunakan untuk kegiatan di luar ruangan (outdoor), contohnya seperti jaket.

  1. American Drill

Dibandingkan dengan bahan twist drill, jenis american drill (florida drill) memiliki serat yang lebih besar (medium). Kain ini terbuat dari campuran katun dan polyester, oleh karenanya sifat bahannya lebih lembut. Kain ini sangat populer digunakan untuk pembuatan seragam di Indonesia, selain karena pilihan warnanya yang banyak, harganya juga cenderung lebih terjangkau. Jenis kain ini umumnya digunakan untuk membuat jas almamater, seragam PDH/ PDL dan sekarang cukup banyak yang mengolahnya menjadi totebag. Beberapa merk yang umum di pasaran diantaranya Kantata, Grand Slam, dan Uni One Drill.

  1. Japan Drill

Jenis kain japan drill ini memiliki ukuran serat yang lebih besar dibandingkan dengan american drill, sehingga sifat kainnya lebih tebal dan kuat. Berbeda dengan american drill, japan drill memiliki komposisi katun yang tinggi, oleh karenanya harganya menjadi lebih mahal. Meskipun tebal, tetapi karena komposisi katunnya tinggi menjadikan bahan ini tetap adem dan nyaman, serta kemampuan menyerap air/ keringatnya menjadi lebih baik. Beberapa merek terkenal yang menggunakan jenis ini yaitu Nagata Japan, Avana Japan, Taipan Japan, Obor Japan, Verlando Japan, Namura Japan, Passuka Japan, dan Bravada Japan. Merek yang paling sering dijumpai di pasaran Indonesia adalah Nagata drill. Mirip dengan american drill, dalam penerapannya kain ini sering kali digunakan untuk bahan dasar pembuatan seragam lapangan.

  1. Hisofy Drill

Hisofy drill atau yang dikenal juga dengan hisoft drill merupakan jenis yang sedikit lebih tinggi tingkatannya (grade) dibanding dengan japan drill. Meskipun memiliki tekstur yang terbilang mirip dengan japan drill, namun karakternya lebih lemas dan lembut. Sifat sejuk dan nyaman yang ditawarkan, membuat kain ini sangat cocok untuk dikenakan di daerah beriklim tropis hingga panas. Salah satu kekurangan dari jenis ini yaitu pilihan warnanya terbatas.

  1. Castilo Drill

Apabila teman-teman ingin membuat seragam dengan harga yang ekonomis namun kualitasnya tergolong cukup bagus, teman-teman bisa mencoba jenis castilo drill. Castilo memiliki karakter kain yang tidak mudah kusut dan lembut. Tenunannya pun tergolong kuat dan rapat, sehingga seragam akan lebih awet dan tahan lama.

Baca juga: Jenis-jenis Kain

 

Source: aminama.com

kain drill
Kain Drill (Source: butikrobifajar.blogspot.com)