Kain Kanvas, Apa Saja Jenis-jenisnya?

Halo sobat General Konveksi Semarang, akhir-akhir ini isu lingkungan seperti seperti sampah plastik yang mencemari alam semakin gencar diberitakan. Pada kenyataannya memang sampah plastik ini membutuhkan waktu yang lama untuk di daur ulang secara alami. Sehingga muncullah gerakan untuk mengurangi sampah plastik, dengan cara tidak memakai plastik belanja sekali pakai. Pelanggan dipersilahkan untuk membawa keranjang atau tas belanja sendiri dari rumah. Tas belanja ini banyak jenisnya, ada yang menggunakan bahan spunbound, drill, kanvas, dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas secara khusus tentang kain kanvas, karena bahan kanvas ini ternyata ada beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis kain kanvas yang ada di pasaran:

1. Kain Blacu

kain blacu
kain blacu

Kain jenis ini merupakan jenis kanvas yang paling kaku. Pada umumnya, jenis ini memiliki harga yang relatif murah dan mudah didapatkan. Jenis ini banyak digunakan untuk tas  sederhana seperti tas serut, totebag dan juga tas souvenir. Kebanyakan, jenis kanvas yang satu ini digunakan untuk barang dengan desain yang sederhana. Karena harga murah dan mudah didapat itulah menjadikan kain ini sangat laris di pasaran.

2. Kanvas Terpal

Kanvas Terpal merupakan jenis yang paling kuat dan tebal dari jenis kanvas yang lain. Memiliki kualitas yang bagus dan kedap air. Bahan ini akan tetap kuat meskipun terkena benda-benda runcing. Karena bahannya yang sangat tebal, jenis ini tidak banyak digunakan untuk produksi tas dan pakaian.

3. Kanvas Ripstop

Bahan Kanvas Ripstop merupakan jenis yang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan Blacu. Selain daripada itu, jenis Ripstop cenderung lebih ringan dan juga tak terlalu tebal. Dengan ciri khas kotak-kotak pada kain menjadikan bahan ini mudah dibedakan dari jenis yang lain. Bahan kanvas jenis Ripstok dapat diproduksi menjadi aksesoris atau pakaian yang memiliki harga jual cukup tinggi.

4. Kanvas Marsoto

kanvas marsoto
kanvas marsoto

Jika Anda hendak membuat pakaian, tas, ataupun aksesoris dengan bahan kanvas yang halus, maka Anda sebaiknya memilih banha jenis Marsoto. Walaupun dari segi ekonomis sedikit lebih mahal, kualitas dari jenis ini sangat baik dan juga tidak mudah robek. Memiliki ciri khas berbintik seperti Bahan Cordura pada permukaan kain menjadikan identitas dari Kanvas Marsoto.

5. Kanvas PE (Polyester)

Merupakan jenis kanvas yang memiliki bahan dasar polyester dicampur dengan katun. Bahan ini memiliki daya tahan yang kuat dan cenderung panas saat dipakai. Sehingga jenis ini digunakan untuk memproduksi tas bukan pakaian. Memproduksi tas dengan jumlah besar menggunakan bahan ini akan menghemat budget, karena umumnya bahan ini lebih murah dibanding yang lain.

6. Kanvas Sueding

Kanvas ini merupakan yang paling khas diantara jenis kanvas lain dikarenakan memiliki lapisan tipis yang sedikit berbulu. Hal ini membuat material ringan atau sejenisnya sangat mudah menempel pada permukaan. Jika Anda menyentuhnya, Anda akan merasakan kelembutan dari kain ini. Meski dengan ketebalan yang sama, jenis ini akan terasa lebih tipis dari yang lain. Jika perawatan dilakukan dengan baik dan benar, pakaian dari bahan ini akan bertahan sangat lama.

7. Kanvas Baby

Jenis Kanvas Baby banyak digunakan untuk produksi berbagai macam sandang, mulai dari tas sampai pakaian. Hal ini dikarenakan jenis bahan yang memiliki permukaan yang lembut dan lentur. Dari segi ekonomis, bahan ini lebih mahal dari jenis Blacu. Namun masih bahan ini masih awet dan cukup kuat.

Jenis-jenis kanvas yang kami tampilkan ini mungkin belum seluruhnya dan bisa jadi nama-nama yang kami tuliskan itu berbeda dengan yang ada di toko dekat rumah anda. Terimakasih sudah mampir ke artikel kami.

Baca juga: Jenis-jenis Kain Drill <— Klik

WA : 085641330992 ( http://bit.ly/WAgeneralkonveksi )

Instagram Konveksi Semarang ( https://www.instagram.com/general.konveksi/ )

Facebook Konveksi Semarang ( https://www.facebook.com/general.konveksi/ )

#konveksisemarang #konveksi #sablon #sablonsemarang

Bagikan & Diskusikan dengan teman :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

temui kami juga di :