Masker Kain, Apakah Efektif

Halo sobat General Konveksi Semarang, ketika artikel ini ditulis sedang dalam kondisi wabah virus corona (COVID-19). Oleh karena itu kami akan membahas sedikit berkaitan dengan wabah yang sedang terjadi ini. Artikel kali ini adalah tentang masker berbahan kain, masih ada hubungannya dengan dunia konveksi ya. Akhir-akhir ini keberadaan masker medis sangat langka dipasaran, efeknya harga masker menjadi sangat mahal. Belum lagi ketika ada oknum-oknum yang mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan cara menimbun atau dengan memanfaatkan kebaikan orang lain.

Masker Berbahan Kain

Masker Kain
Masker Kain

Masker yang langka ini membuat orang-orang memanfaatkan masker non standard medis untuk salah satu tindakan pencegahan. Namun, apakah penggunaan masker non medis ini cukup efektif menangkal virus?. Menurut penelitian, masker ini memang tidak seefektif masker N95 maupun masker bedah dalam menangkal virus Corona. Dibandingkan masker berbahan kain, masker bedah dan masker respirator N95 jauh lebih efektif dalam menyaring debu, bakteri, dan partikel yang ukurannya sangat kecil seperti virus Corona. Kedua jenis masker ini juga dapat mencegah tembusnya percikan dahak atau air liur, karena memiliki lapisan anti air.

masker bedah
masker bedah
Masker N95
Masker N95

Mengapa Kurang Efektif

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa masker non medis kurang efektif dalam mengurangi risiko penularan virus Corona:

  • Kebanyakan dibuat oleh industri rumah tangga yang proses pembuatan dan bahannya tidak mengikuti standar medis.
  • Kain yang digunakan tidak sama dengan bahan masker bedah atau masker N95.
  • Ujung masker cenderung longgar, sehingga tidak dapat menutupi area di sekitar hidung dan mulut dengan sempurna.
  • Tidak dapat mencegah masuknya partikel yang sangat kecil, seperti virus Corona, ke dalam hidung atau mulut melalui udara.
  • Bila tidak digunakan dengan cara yang benar, justru dapat meningkatkan risiko virus masuk ke dalam tubuh. Salah satunya karena masker ini mudah bergerak dan longgar, sehingga pemakainya perlu berulang kali menyentuh wajah untuk menyesuaikan posisi masker.

Cara Menggunakan Masker Bahan Kain agar Lebih Efektif Mencegah Virus Corona

Walau tidak seefektif masker bedah atau masker N95 dalam menangkal virus Corona, masker dari bahan kain masih lebih baik daripada tidak mengenakan masker sama sekali, asalkan cara pakainya benar. Meski bukan masker yang ideal untuk mencegah COVID-19, apabila dipakai dengan benar masih jauh lebih baik daripada tidak mengenakan masker sama sekali.

Berikut ini tips agar masker ini lebih efektif untuk mencegah penularan COVID-19:

  • Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu Anda.
  • Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.
  • Hindari menyentuh masker saat sedang dipakai. Jika ingin memperbaiki posisi masker kain yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker.
  • Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan hanya menyentuh tali pengait atau pengikatnya, lalu segera cuci masker kain dengan air bersih dan deterjen atau rebus masker di air mendidih dengan suhu minimal 130 derajat Celsius.
  • Segera ganti masker apabila sudah robek atau rusak.

Demikian artikel tentang masker kain, semoga bermanfaat.

Baca juga: Seragam Kerja Gagah <– Klik

 

Sumber: alodokter.com

 

WA : 085641330992 ( http://bit.ly/WAgeneralkonveksi )

Instagram Konveksi Semarang ( https://www.instagram.com/general.konveksi/ )

Facebook Konveksi Semarang ( https://www.facebook.com/general.konveksi/ )

#konveksisemarang #konveksi #sablon #sablonsemarang

Bagikan & Diskusikan dengan teman :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

temui kami juga di :