Combed dan Carded , Apa Perbedaannya ?

Sebelum kamu membeli kaos atau memesan kaos di konveksi atau tempat jahit lainnya, ada baiknya kamu tahu perbedaan combed dan carded. Mengapa? Karena kedua jenis kain sering dipesan dan cukup banyak beredar di pasaran. Sebetulnya, kain combed dan carded keduanya dibuat dari bahan dasar yang sama, yaitu kapas atau katun (cotton). Perbedaannya ada beberapa hal seperti yang kami General Konveksi Semarang akan rangkum dibawah ini. Berikut perbedaannya:

 

1. Perbedaan dari Proses Pembuatan

Cotton Combed dibuat menggunakan benang combed, komposisinya 100% cotton atau serat kapas alami. Seperti namanya, untuk mendapatkan benang combed, serat kapas diolah melalui proses disisir atau comb menggunakan mesin combing. Proses sisir atau combing ini menyebabkan benang yang dihasilkan menjadi lebih lembut. Kain yang dihasilkan pun menjadi memiliki struktur benang yang lebih rata, lebih tidak berbulu dan tidak ada sisa biji kapas, sehingga berkualitas baik dan lembut.

Cotton Carded sebenarnya sama memiliki komposisi 100% cotton atau kapas, saam dengan cotton combed. Namun berbeda dengan cotton combed, cotton carded dibuat melalui proses carding atau digaruk menggunakan mesin carding.

 

2. Perbedaan Tekstur Cotton Combed dan Cotton Carded

Cotton combed memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus, membuat bahan ini terasa adem dan nyaman dipakai. Hal ini menyebabkan banyak distro, produsen atau konveksi yang menggunakan bahan combed ini karena kualitasnya lebih baik.

Cotton carded lebih kasar apabila dibandingkan dengan cotton combed, atau bisa dibilang kualits teksturnya dibawah cotton combed. Secara awam dan disentuh sesaat mungkin akan kesulitan membedakan tekstur carded dengan combed, namun perbedaan akan terasa ketika kain sudah menjadi kaos dan dipakai atau setelah mengalami proses pencucian.

 

3. Perbedaan Kerataan Benang

Apabila dilihat dibawah sinar matahari atau cahaya yang terang, maka akan terlihat perbedaan kerataan benang antara cotton combed dan carded. Kerataan benang combed lebih baik daripada carded. Hal ini karena combed melalui proses sisir, sedangkan carded hanya proses garuk. Biasanya cotton carded masih terdapat sisa benang pendek, inilah yang menyebabkan kain carded terasa tidak rata.

 

4. Perbedaan Daya Serap Air atau Keringat

Cotton combed maupun cotton carded sama-sama berbahan dasar 100% serat kapas, jadi keduanya memiliki daya serap air yang baik. Jenis kain ini memang cocok untuk negara Indonesia yang tropis dan cenderung panas. Keringat lebih mudah terserap, sehingga kaos lebih nyaman dipakai. Tidak heran produk kaos dengan bahan dasar cotton di Indonesia sangat laris di pasaran.

 

5. Perbedaan Harga

Meskipun tidak terlalu jauh perbedaannya, namun harga kain combed lebih mahal dari kain carded. Bagi kamu yang akan membuat kaos dengan budget rendah lebih cocok menggunakan cotton carded. Meskipun harga per kilonya tidak jauh berbeda namun apabila dalam jumlah banyak tentu akan sangat terasa. Perhatikan juga warna kain yang digunakan, karena beda warna biasanya berbeda harga. Umumnya warna kain yang lebih tua akan lebih mahal harganya dibanding warna muda/ cerah.

Demikian artikel singkat kami membahas mengenai perbedaan kain cotton combed dan cotton carded. Semoga bisa membantu anda dalam menentukan pilihan bahan kaos.

Baca juga:  Tips Merawat Kaos Sablon <— Klik

 

combed dan carded
cotton combed dan carded

Bagikan & Diskusikan dengan teman :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email